Anda ingin menikah? Berikut Cara Mengatur Keuangan Pernikahan




Apakah Anda akan menyelanggarakan sebuah acara pernikahan? Sebaiknya Anda harus memperhitungkan jumlah yang harus dikeluarkan dalam acara pernikahaan. Dalam menentukan besar-kecilnya acara pernikahaan ada dua hal yang harus diperhatikan.

Pertama hal yang harus diperhatikan adalah tamu yang Anda akan undang, jumlah undangan dapat memengaruhi dan menentukan biaya yang harus dikeluarkan. Kedua adalah tempat acara pesta pernikahaan dan komponennya. Tempat acara akan menentukan berapa biaya disetiap komponennya seperti tempat resepsi,makanan, dekorasi tempat, rias pengantin, souvenir, undangan, dokumentasi, lain-lain.

Berikut yang perlu diperhatikan dalam mengatur keuangan pernikahaan :

Undangan 

Kesan pertama suatu pernikahan dapat dilihat dari desain kartu undangan. Pilihlah desain kartu undangan sesuai dengan tema pernikahan Anda. Bicara tentang undangan, jika memang Anda ingin mengemat biaya pernikahan, Anda dapat membatasi jumlah orang yang akan Anda undang. Karena itu mempengaruhi kosumsi, tempat resepsi, souvenir dll. 

Tempat Pernikahaan

Pikirkan secara matang matang dalam pemilihan tempat pernikahaan. Membuat pesta dirumah belum tentu dapat menghemat biaya bisa saja jauh lebih mahal. Pemesanan tempat harus jauh-jauh hari sebelum hari H. Tentukanlah tempat resepsi yang sesuai dengan tema dan konsep pernikahan serta sesuai dengan keinginan Anda.

Makanan

Diantara semua biaya, biaya makananlah selalu berubah-ubah harganya. Makanan untuk acara pernikahan dapat dipesan oleh vendor-vendor yang sudah berpengalaman. Biasanya vendor-vendor memiliki tips yang berguna untuk mengemat biaya keuangan Anda.

Make Up dan Baju Pengantin

Jika Anda memang ingin berhemat pilih jasa yang sudah memberikan paket antara rias penganti dan baju pengantin menjadi satu. Itu dikarenakan mahalnya rias pengantin tergantung dari busana yang akan dipakai di pesta pernikahan.

Dekorasi

Memperindah tempat acara pernikahan adalah bagian tugas dari vendor wedding decoration. Dekorasi meliputi tempat resepsi, pelaminan, kamar pengantin dan mobil pengantin. Berkonsultasilah dengan wedding theme Anda agar dapat menghemat biaya tetapi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Souvenir Pernikahan

Pilihlah souvenir yang berguna untuk undangan yang datang agar dapat diingat kenangan pernikahan Anda. Contohnya adalah photo booth dan saat ini banyak jasa photobooth tersedia di internet Anda dapat mencarinya melalui online. Photo booth merupakan suatu souvenir pernikahan yang unik dan sangat berkesan pada pernikahan Anda.

1 Response to "Anda ingin menikah? Berikut Cara Mengatur Keuangan Pernikahan"